Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi dan Digital Kelas X di SMK Negeri 2 Padang
Main Author: | Syinthia, Eka Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8701/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8701/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8701/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8701/4/15100035%20-%20SYINTHIA%20EKA%20PUTRI%20%28skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8701/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Simulasi Komunikasi dan Digital. Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksperimen subjek tunggal. Insturumen yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data adalah instrument tes hasil belajar dalam bentuk objektif(pilihan ganda). Jumlah populasi pada penelitian ini 101 orang siswa sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yaitu pada kelas X ADM 2. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan paired t-test. Hasil Analisis pada penelitian ini diklafikasikan dalam bentuk soal objektif sebanyak 23 soal. Berdasarkan hasil analisis statistik pada kelas eksperimen data mean 55.60, median 51.50, sum 30.00, minimum 13 dan maximum 100. Berdasarkan tabel output “Uji Paired Sampel Test”, diketahui nilai sig(2-tailed) adalah 0,081 > 0.05 , maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran interaktif ada perbedaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Simulasi Komukasi dan Digital di SMK Negeri 2 Padang. Kata kunci : Efektifitas, Media Interaktif, Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital.