Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK Negeri 1 Padang Panjang
Daftar Isi:
- Instrumen penilaian adalah alatukur yang digunakan untuk mengukur dalam rangka pengumpulan data. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang dikembangkan, (2) Mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Plomp, (1) investigasiawal (preliminary research), (2) perangcangan dan realisasi (prototyping phase). Pada tahap prototyping phase dilakukan Perancangan instrument penilaian pada praktikum simulasi digital. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang berjumlah 3 orang guru. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dibagi atas dua yaitu format validasi instrumen penilaian kinerja untuk mendapatkan data kevalidan dan format kepraktisan berupa angket respon guru untuk mendapatkan data praktis. Data uji coba kevalidan instrumen penilaian, instrumen penilaian memenuhi kategori sangatvalid dengan skor rata-rata 95.75 % , untuk uji coba kepraktisan diperoleh skor persentase 92,72% yang termasuk kategori sangatpraktis. Hal ini mengindikasikan bahwa instrumen penilaian praktikum yang dikembangkan masih belum sempurna namun layak untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen, Penilaian