Penggunaan Bahasa Pertama (Minang) dalam Pengajaran Bahasa Inggris (Sebuah Analisis Tentang Persepsi Guru Bahasa Inggris di SMAN 1 Sungai Geringging, Paiaman)
Main Author: | Rini, Wisanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8672/1/skripsi%20full.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8672/2/abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8672/3/chapter%20v.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8672/4/reperences.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8672/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan bahasa pertama atau bahasa ibu (dimana dalam konteks penelitian ini menggunakan bahasa Minang) oleh guru bahasa Inggris dalam pengajaran bahasa Inggris di SMAN 1 Sungai Geringging. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain case study. Partisipan dari penelitian ini adalah sebanyak 3 orang guru bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pendapat guru terhadap penggunaan bahasa ibu (dalam konteks penelitian ini adalah bahasa Minang) yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris. Peneliti melakukan interview dalam pengumpulan data dan peneliti menggunakan tematik analisis dalam menganalisa data. Dari analisis data, peneliti menemukan satu rumusan terkait persepsi guru terhadap penggunaan bahasa Minang oleh guru bahasa Inggris dalam pengajaran bahasa Inggris. Rumusan tersebut adalah penggunaan bahasa Minang bermanfaat dalam pengajaran bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pengguanaan bahasa pertama atau bahasa ibu dalam mengajarkan bahasa inggris pada konteks masyarakat multilingual berterima. Kata Kunci : Bahasa pertama , Persepsi guru.