Pengaruh Efikasi Diri, Peran Orang Tua, Teman Sebaya dan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Siswa Kelas XI Memilih Jurusan IPS pada SMAN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Fitratul, Husnah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/866/1/13090216%20FITRATUL%20HUSNAH%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/866/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/866/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/866/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/866/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) pengaruh efikasi diri terhadap minat siswa. 2) pengaruh peran orang tua terhadap minat siswa. 3) pengaruh teman sebaya terhadap minat siswa. 4) pengaruh fasilitas belajar terhadap minat siswa. 5) pengaruh efikasi diri, peran orang tua, teman sebaya dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap minat siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 3 Lengayang. Sampel berjumlah 63 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling, karena jumlah populasi kurang dari 100 dengan teknik analisis deskriptif dan induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,516. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,637 > ttabel sebesar 1,67. (2) peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,166. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,277 > ttabel sebesar 1,67. (3) teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,301. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,457 > ttabel sebesar 1,67. (4) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,378. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,871 > ttabel sebesar 1,67. (5) efikasi diri, peran orang tua, teman sebaya dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap minat siswa. Dimana diperoleh nilai Fhitung 47,612 > Ftabel 2,53. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) kepada orang tua hendaknya selalu memberikan semangat dengan kata-kata positif kepada anak agar anak bersemangat dalam proses belajar, dan memberikan pengertian tentang pentingnya arti belajar untuk masa depan anak agar anak dapat menentukan minat dalam memilih jurusan yang diinginkan (2) kepada sekolah diharapkan dapat memberikan pengarahan kepada siswa akan pentingnya memilih jurusan sesuai minat dan bakat yang dimilki oleh siswa karena apabila siswa salah memilih jurusan maka siswa tidak akan serius dalam proses pembelajaran.