Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang
Main Author: | Cia, Novira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8630/1/abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8630/2/bab%20v.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8630/3/daftar%20pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8630/4/skripsi%20full.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8630/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi sebagai berikut: Pertama, pembelajaran teks berita tidak diminati oleh siswa karena siswa tidak suka dalam hal menulis dan sulit untuk mengembangkan ide dan gagasan dalam menulis berita. Kedua, siswa masih belum terampil dalam menulis teks berita karena dalam tulisan siswa sering tidak lengkap dalam membuat struktur dan kaidah kebahasaan teks beritanya. Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan kelas yang normal dan homogen. Kelas yang normal dan homogen itulah yang dijadikan kelas sampel. Pengambilan sampel secara acak dilakukan dengan cara undian. Variabel dalam penelitian ada dua sebagai berikut: variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil keterampilan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw memperoleh nilai ratarata 72,02 dengan tingkat penguasaan 66%-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC). Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw memperoleh nilai rata-rata 82,14 dengan tingkat penguasaan 76%-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang karena thitung>ttabel (6,49>1,70).