Pengaruh Efikasi Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Siswa SMK N 1 Sijunjung Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Intervening
Main Author: | Resty, Rahmayuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/863/1/13090133%20RESTY%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/863/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/863/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/863/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/863/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat: 1) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Sijunjung. 2) pengaruh dukungan orang tua terhadap efikasi diri siswa SMK N 1 Sijunjung. 3) pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Sijunjung. 4) pengaruh efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa SMK N 1 Sijunjung. 5) pengaruh dukungan orang tua terhadap minat malanjukan pendidikan ke perguruan tinggi siswa SMK N 1 Sijunjung. 6) pengaruh prestasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa SMK N 1 Sijunjung. Jenis penelitian ini bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bisnis Manajemen di SMK Negeri 1 Sijunjung berjumlah 187 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data dengan metode analisis jalur menggunakan software SPSS 16. Untuk menguji hipotesis digunakam teknik uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1) Dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Sijunjung. nilai thitung sebesar 2,732 > ttabel 1,9797 dengan nilai signifikan 0,007 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri siswa SMK N 1 Sijunjung. nilai thitung sebesar 12,566 > ttabel 1,9797 dengan nilai signifikan 0,044 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Sijunjung, nilai thitung sebesar 2,033 > ttabel 1,9797 dengan nilai signifikan 0,044 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 4) Dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tingg siswa SMK N 1 Sijunjung. diperoleh nilai thitung sebesar 2,317 > ttabel 1,9797 dengan nilai signifikan 0,001 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 5) Efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tingg siswa SMK N 1 Sijunjung. nilai thitung sebesar 3,289 > ttabel 1,9797 dengan nilai signifikan 0,001 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 6) Prestasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tingg siswa SMK N 1 Sijunjung. nilai thitung sebesar 6,625 > ttabel 1,9797 dengan nilai signifikan 0,001 < = 0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 7) Sedangkan pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi siswa sebesar 56% dan sisanya 44% dipengaruhi variabel lain. 8) Pengaruh dukungan dukungan orang tua dan efikasi diri terhadap prestasi belajar sebagai variabel intervening sebesar 27% dan sisanya 73% dipengaruhi variabel lain. 9) Pengaruh dukungan dukungan orang tua , efikasi diri dan prestasi belajar terhadap minat siswa sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan pengaruh efikasi diri, dukungan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI Bisnis Manajemen di SMK Negeri 1 Sijunjung dengan prestasi belajar sebagai variable intervening. Penulis mengemukakan saran yang diharapkan dapat bermanfaat untuk minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan meningkatkan dukungan orang tua kepada anak, meningkatkan efikasi diri merupakan kemampuan seseorang dalam mengatasi tingkat kesulitan dan memiliki kekuatan juga keyakinan dalam menyelesaikan pendidikannya.