Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi adalah, Pertama, siswa masih belum terbiasa dalam melakukan kegiatan membaca. Kedua, masih rendahnya antusias siswa dalam pemeblajaran bahasa Indonesia khususnya dalam kegiatan membaca. Ketiga, kurangnya pemahaman siswa tentang teks eksplanasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan minat baca dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang berjumlah 237 orang. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 25 Padang yang berjumlah 30 orang.Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengambilan sampel berdasarkan hasil standar deviasi terendah. Instrumen penelitian ini yaitu berupa angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan minat baca siswa sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk megumpulkan data menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu, Pertama, minat baca siswa kelas VIIISMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 67,02 dan berada pada rentangan 66-75%. Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi sedang dengan nilai rata-rata 61,90 dan berada pada rentangan 56-65%. Ketiga, uji-t, h1 diterima pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) n-2 karena thitung ≥ ttabel yaitu 2,31 ≥ 1,70 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang.