Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan berikut: siswa kurang terampil dalam menulis teks ulasan, siswa tidak bisa mengembangkan ide atau gagasannya, kosa kata yang digunakan sangat sederhana dan terbatas serta kemampuan siswa dalam merangkai kata menjadi bentuk kalimat yang padu dan logis sangat rendah. Belum tepatnya penggunaan metode pembelajaran dalam menulis, yang menyebabkan pembelajaran menulis teks ulasan belum terlaksana dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrpsikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII MTsN 5 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi eksperimental. Desain penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan cara mencari normalitas. Selanjutnya, kelas mengambil sampel kelas eksperimen dilakukan dengan cara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol.Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu sebagai berikut, variabel bebas, dan variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil keterampilan menulis teks ulasan dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming dan tanpa menggunakan metode pembelajaran brainstorming siswa kelas VIII MTsN 5 Solok Selatan. Hasil penelitian ini adalah (a) keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII MTsN 5 Solok Selatan kelas kontrol yaitu 65,07 yang berklasifikasi cukup, (b) keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII MTsN 5 Solok Selatan kelas eksperimen yaitu 81,56 yang berklasifikasi baik (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII MTsN 5 Solok Selatan (H1 diterima karena thitung > ttabel atau 7,53 > 1,67).