Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas XSMK N 1 Padang
Main Author: | Yuni, Trisdewi Astuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8621/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8621/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8621/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8621/4/15080162-YUNI%20TRISDEWI%20ASTUTI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8621/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa masih belum terampil dalam menulis teks eksposisi. Kedua, siswa tidak bisa mengungkapkan ide idenya. Ketiga,siswa kesulitan dalam merangkai kata kata sehingga tulisan siswa tidak sistematis. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap keterampilan menulis teks Eksposisi siswa kelas XSMK N 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one Group pretest-post Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Padang yang berjumlah 36 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks Eksposisi sebelum menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan skor keterampilan menulis teks Eksposisi sesudah menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching siswa kelas X SMK N 1 Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching siswa kelas X SMK N 1 Padang memperoleh nilai rata-rata 58,70 yaitu berada pada tingkat penguasaan 56-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model Pembelajaran Reciprocal Teaching siswa kelas X SMK N 1 Padang memperoleh nilai rata-rata 80,18, yaitu berada pada penguasaan 76-85% pada kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap keterampilan menulis teks Eksposisi kelas X SMKN 1 Padang karna berdasarkan uji- t disimpulkan bahwa dari hasil uji yang dilakukan didapat thitung > ttabel (7,96 > 1,70).