Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak, Kompetensi Profesional Guru dan Sikap Belajar SiswaTerhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Bisnis Manajemen di SMKN 1 Sijunjung
Main Author: | Melza Ali, Fadillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/862/1/13090134%20MELZA%20ALI%20FADILLAH%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/862/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/862/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/862/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/862/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak, kompetensi profesional guru serta sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI bisnis manajemen di SMKN 1 Sijunjung.. Jenis penelitian ini bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sijunjung berjumlah 187 orang. Sampel berjumlah 148 0rang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data dengan metode analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 16. Untuk menguji hipotesis digunakam teknik uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMKN 1 Sijunjung yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,514. Diperoleh nilai thitung sebesar 5,603 > ttabel sebesar 1,9766 dengan nilai signifikan 0,000< = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMKN 1 Sijunjung yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,546. Diperoleh nilai thitung sebesar 10,068 > ttabel sebesar 1,9766 dengan nilai signifikan 0,000< = 0,05, berarti Ha diterima dan H0. ditolak. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMKN 1 Sijunjung yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,657. Diperoleh nilai thitung sebesar 6,007 > ttabel sebesar 1,9766 dengan nilai signifikan 0,000< = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal orangtua dan anak, kompetensi profesional guru dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK N 1 Sijunjung. Diperoleh nilai Fhitung 74,621 > Ftabel 2,6674 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan: 1) Kepada Orangtua agar memberikan arahan jika siswa mengalami permasalahan belajar di sekolah, memperhatikan nilai yang diperoleh siswa di sekolah dan memberikan dukungan terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa di sekolah. 2) Kepada guru agar memahami seluruh materi yang akan disampaikan agar saat mengajar tidak terlalu banyak melihat buku, bersedia menjelaskan kembali jika ada siswa yang kurang paham dengan materi pembelajaran, menegur apabila ada siswa ribut di dalam kelas, mewajibkan semua siswa untuk memiliki buku saat proses belajar mengajar berlangsung dan memberikan latihan setiap akhir pelajaran agar siswa lebih mengingat materi yang disampaikan. 3) Kepada siswa agar lebih memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi pembelajaran, mengajukan pertanyaan jika kurang paham dengan materi pembelajaran yang disampaikan guru dan mencatat materi yang disampaikan guru. Jika hal ini terus ditingkatkan oleh siswa maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.