Kesantunan Berbahasa Dalam Iklan Radio Arbes FM
Main Author: | Hafiz, Alhadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8609/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8609/2/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8609/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8609/4/15080121-HAFIZ%20ALHADI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8609/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan bahasa tidak dapat dilepaskan dari pengaruh masyarakat penggunannya, dengan bahasalah manusia dapat saling berinteraksi antara satu sama lain. Sebuah promosi pasti menggunakan bahasa untuk memperkenalkan produknya kepada para konsumen . Salah satu bagian dari penyiaran radio yang sangat menarik untuk didengar adalah iklan. Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi yang bersifat persuasif yang digunakan oleh orang, kelompok atau suatu lembaga untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah kata-kata atau tuturan yang terdapat pada iklan di Radio Arbes FM. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data berupa audio atau rekaman iklan yang di promosikan radio Arbes. hal ini sesuai dengan salah satu dari tujuh kriteria untuk sampel penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini akan dideskripsikan bentuk kesantunan berbahasa dalam iklan Radio Arbes FM. Hasil penelitian ini yaitu terdapat kesantunan berbahasa dengan skala keuntungan dan kerugian (SKK) yaitu sebanyak 20 tuturan, skala pilihan (SP) yaitu sebanyak 45 tuturan, skala ketidaklangsungan (SKL) yaitu sebanyak 12 tuturan, skala keotoritasan (SK) yaitu sebanyak 11 tuturan, dan skala jarak sosial yaitu sebanyak 51 tuturan. Dari uraian diatas maka skala yang paling banyak ditemukan pada tuturan iklan Radio Arbes adalah skala jarak sosial dikarenakan pada iklan tersebut sipenutur tidak ingin ada jarak antara sipenutur dan mitra tuturnya dan tercipta sebuah kedekatan. Skala kesantunan yang paling sedikit ditemukan adalah skala keotoritasan (Status sosial), sedikitnya penggunaan skala status sosial pada iklan radio Arbes bertujuan karena, sipenutur tidak ingin memperlihatkan perbedaan status sosial antara sipenutur dan mitra tuturnya.