Hubungan Motivasi Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang
Main Author: | Yuniria, Yuniria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8608/1/ABSTRAK%20YUNIRIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8608/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8608/2/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8608/4/15080120-YUNIRIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8608/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Salah satu faktor yang mempegaruhi rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi adalah masih rendahnynya antusias siswa dalam membaca, sehingga siswa kesulitan dalam mengembangkan ide-ide dalam kegiatan menulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang berjumlah 237 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kelas yang memiliki standar deviasi terendah. Sampel penelitian satu kelas yaitu kelas VIII.5 yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini yaitu berupa angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan skor motivasi membaca siswa sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan skor kemampuan menulis teks eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, motivasi membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang memperoleh nilai rata-rata 65,09 dengan tingkat penguasaan 56%-65% dengan kualifikasi sedang. Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang memperoleh nilai rata-rata 61,90 dengan tingkat penguasaan 56%-65% dengan kualifikasi sedang. Ketiga, uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung>ttabel 1,74>1,70). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang.