Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yaitu keterampilan menulis teks eksplanasi siswa masih rendah karena siswa kurang memahami struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung tanpa menggunakan model pembelajaran team assisted individually dan dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individually, serta mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran team assisted individually terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Sampel penelitian ini kelas VIII. I (kelas kontrol) dan kelas VIII.C (kelas eksperimen). Data penelitian ini adalah skor menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individually. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal sebagai berikut: pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran team assisted individually memperoleh nilai rata-rata 54,42 dengan kualifikasi 46-55% yaitu hampir cukup. Kedua, tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individually memperoleh nilai rata-rata 66,27 dengan kualifikasi 66-75% yaitu cukup. Ketiga, hasil uji-t terdapat pengaruh terhadap penggunaaan model pembelajaran team assisted individually siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung karena thitung> ttabel(6,23>1,67). Jadi, dapat disimpulkan bahwa menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individually lebih baik dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran team assisted individually.