Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, sebagian siswa tidak menyukai menulis teks eksposisi. Kedua, siswa kesulitan menentukan ide atau gagasan menulis teks eksposisi. Ketiga, siswa kurang memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web pada pembelajaran menulis teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 12 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 396 orang dan sampel berjumlah 72 orang dengan penarikan sampel yaitu purposive sampling. Varibel dalam penelitian ini terbagi dua yaitu variabel bebas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web, dan variabel terikat menulis teks eksposisi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model pembelajaran STAD berbasis web memperoleh nilai rata-rata 65,05 pada tingkat penguasaan 56-65% dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbasis web memperoleh nilai rata-rata 78,47 pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD berbasis web siswa kelas X SMAN 12 Padang karena thitung>ttabel (4,63>1,67). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbasis web kelas X SMAN 12 Padang berpengaruh dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbasis web.