Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intellektualy, Repetition (AIR) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Panti Kabupaten Pasaman Timur
Main Author: | Lisma, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8602/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8602/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8602/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8602/4/15080107-LISMA%20YANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8602/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, kurangnya minat siswa terhadap keterampilan menulis. Kedua, masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Ketiga, Siswa tidak bisa mengungkapkan ide-idenya. Keempat, siswa kurang memahi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Panti tanpa dan dengan menggunakan model Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Panti. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Panti. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model Auditory, Intellektualy, Repetition (AIR) Berbantuan Media Gambar memperoleh nilai rata-rata 66,39 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC) berada pada rentangan 56-66%. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Panti dengan menggunakan model Auditory, Intellektualy, Repetition (Air) Berbantuan Media Gambar memperoleh rata-rata 80 dengan kualifikasi baik (B) berada pada rentangan 76-85%. Ketiga, berdasarkan uji t terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil thitung> ttabel (1,87>1,68). Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Panti dengan menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantuan media gambar terdapat pengaruh menggunakan model