Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang
Main Author: | Nur, Revah Fitri Ningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8599/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8599/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8599/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8599/4/NUR%20REVAH%20FITRI%20NINGSIH%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8599/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa belum terampil dalam menulis teks laporan hasil observasi. Kurangnya minat siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang yang berjumlah 62 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks laporan hasil observasi tanpa dan dengan menggunakanModel Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, tingkat Keterampilan menulis teks Laporan Hasil Observasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping memperoleh nilai rata-rata 74,65 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC) rentang 66-75%. Kedua,Keterampilan menulis teks Laporan Hasil Observasisiswa kelas X SMA Negeri 15 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping memperoleh nilai rata-rata 78,79 dengan kualifikasi baik (B) rentangan 76-85%. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang karena thitung > ttabel (2,45 > 1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang.