Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instructionterhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas IX SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi
Main Author: | Sindy, Leo Vani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8596/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8596/1/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8596/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8596/4/SINDY%20LEO%20VANI%20%20NPM%2015080092%20SKRIPSI%20FUL.pdf%20OK%20BG.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8596/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini Siswa sulit menulis teks eksplanasi. Tujuan Penelitian mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa, dengan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instuction siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.Desain penelitian ini adalah Posstest only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Data dalam penelitian ini adalah skor Kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan Model pembelajaran Problem Based Instruction siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi tanpa dan dengan menggunakan Model pembelajaran Problem Based Instruction memperoleh nilai rata rata 66,44 berada pada rentangan 66 75% dengan kualifikasi lebih dari cukup dan rata rata 79,10, berdasarkan uji t pengaruhnya thitung (7,07) > ttabel (1,67). Jadi, kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan Model pembelajaran Problem Based Instruction siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi lebih baik dari pada tanpa menggunakan Model pembelajaran Problem Based Instruction.