Pengaruh Penggunaan Model Numbered Head Together Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Padang
Main Author: | Muthia, Izzatunnisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8595/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8595/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8595/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8595/4/muthia%20izza%20tunnisa%20skripsi%20ful.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8595/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa kurang berminat dalam membaca. Kedua, siswa siswa kurang memperhatikan PUEBI dalam menulis teks eksposisi. Ketiga, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide dalam menulis teks eksposisi. Keempat, pengetahuan siswa untuk memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi kurang maksimal. Kelima, rendahnya kemampuan menulis siswa. Keenam, siswa kesulitan membedakan mana yang argumentasi dan penegasan ulang. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Numbered Head Together terhadap keterampilan menulis teks Eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Model eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang yang berjumlah 36 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks Eksposisi tanpa menggunakan Model Numbered Head Together dan skor keterampilan menulis teks Eksposisi dengan menggunakan Model Numbered Head Together siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model Numbered Head Together siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang memperoleh nilai rata-rata 57,59 yaitu berada pada tingkat penguasaan 56-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model Numbered Head Together siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang memperoleh nilai rata-rata 75,74, yaitu berada pada penguasaan 66-75% pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan uji- t disimpulkan bahwa dari hasil uji yang dilakukan di dapat thitung > ttabel (6,60 > 1,68). Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang dengan menggunakan model Numbered Head Together terdapat pengaruh menggunakan model Numbered Head Together.