Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Padang
Main Author: | Nadya, Syaffitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8593/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8593/1/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8593/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8593/4/skripsi%20full.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8593/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa tentang tentang teks Prosedur. Siswa masih belum terampil dalam mengembangkan ideide sehingga sukar untuk menulis serta siswa masih belum terampil dalam menetukan kalimat sehingga penguasaan kalimat yang dihasilkan siswa belum efektif. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hubungan pengusaan kelimat efektif terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode dalam penelitian ini adalah korelasi, dengan teknik penarikan sampel adalah proposional random sampling (secara acak). Populasi dalam penelitian ini 174 orang siswa dan sampel penelitian ini siswa kelas XI berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kalimat efektif dan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks prosedur. Data penelitian ini untuk mengetahui penguasaan kalimat efektif serta kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga kesimpulan sebagai berikut ini. Pertama, penguasaan kalimat efektif siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang memperoleh nilai rata-rata hitung 71,2 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10, dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang diperoleh nilai rata-rata 76,54 berada padarentangan nilai 75-85% dengan skala 10, dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan kalimat efektif berhubungan di dalam menulis teks prosedur siswa. Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa t hitung > dari t tabel yaitu 5,76 > 1,68.