Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTs Siulak Gedang Kab. Kerinci

Main Author: Nerian, Sundari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8592/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8592/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8592/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8592/4/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8592/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan berikut ini. Pertama, siswa sulit menentukan kerangka karangan dan menuliskan kata-kata. Kedua, siswa sulit menjabarkan/mengembangkan kerangka karangan. Ketiga, siswa kurang mampu menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Keempat, siswa kurang mengetahui tentang struktur teks cerita fantasi. Kelima, siswa sulit menemukan ide dan menyusun kata-kata. Keenam, siswa kesulitan dalam menulis teks cerita fantasi. Ketujuh, guru hanya berceramah dan diskusi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTs Siulak Gedang Kab. Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Siulak Gedang Kab. Kerinci. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Siulak Gedang Kab. Kerinci yang berjumlah 33 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks cerita fantasi sebelum menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dan skor keterampilan menulis teks cerita fantasi sesudah menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) siswa kelas VII MTs Siulak Gedang Kab. Kerinci. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTs Siulak Gedang Kab. Kerinci sebelum menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) memperoleh nilai rata-rata 69,40 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi yaitu lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTs Siulak Gedang Kab. Kerinci sesudah menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) memperoleh nilai rata-rata 72,86 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi yaitu lebih dari cukup. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = n-1 karena thitung > ttabel (2,08 > 1,70). Jadi, penggunaan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTs Siulak Gedang.