Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa kesulitan dalam menulis struktur teks eksplanasi. Kedua,siswa kesulitan menuangkan pikiran ke dalam bentuk kata-kata. Ketiga, siswa belum bisa menghasilkan kalimat sendiri. Keempat, siswa belum terampil dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan. Model Meaningful Intructional Design (MID) terhadap keterampilan menulis teks Eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posstest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 62 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan Model Meaningful Intructional Design (MID) siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang tanpa menggunakan model Meaningful Instructional Design (MID) memperoleh nilai rata-rata 67,95 dengan kualifikasi yaitu cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan model Meaningful Instructional Design (MID) memperoleh nilai rata-rata 83,87 dengan kualifikasi yaitu baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t di dapat t hitung > t tabel (6,98 >1,67). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Meaningful Instructional Design (MID) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang.