Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang
Main Author: | Yunisya, Nabilla Febrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8588/1/PDF%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8588/2/PDF%20BAB%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8588/3/PDF%20DAFTAR%20PUSTAKA-dikonversi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8588/4/PDF%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8588/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi olehantara lain. Petama, masih rendahnya antusias siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam kegiatan membaca. Kedua, penguatan siswa tentang materi teks eksplanasi masih kurang seperti struktur, kebahasaan dan contoh teks eksplanasi masih belum dikuasai. Ketiga, siswa masih kesusahan dalam menguraikan ide-ide dalam menulis teks eksplanasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut inimendeskripsikan hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang berjumlah 237 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kelas yang memiliki standar deviasi terendah. Sampel penelitian satu kelas yaitu kelas VIII.5 yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan skor kebiasaan membaca siswa sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan skor kemampuan menulis teks eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, motivasi membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang memperoleh nilai rata-rata 64,43 dengan tingkat penguasaan 56%-65% dengan kualifikasi sedang. Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang memperoleh nilai rata-rata 61,90 dengan tingkat penguasaan 56%-65% dengan kualifikasi sedang. Ketiga, uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung>ttabel (1,76>1,70). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang.