Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Mengonstruksi Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMAN 4 Padang
Main Author: | Westi, Septia Atrabu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8585/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8585/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8585/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8585/4/SKRIPSI%20FULL%20Westi%20Septia%20Atrabu%2C%20S.Pd..pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8585/ |
Daftar Isi:
- Hal yang melatarbelakangi penelitian ini antara lain. Pertama, kurangnya kebiasaan siswa terhadap membaca. Kedua, masih rendahnya penguasaan pengetahuan siswa dalam menulis karya ilmiah. Ketiga, siswa masih kesulitan dalam membuat latar belakang masalah di dalam karya ilmiah. Tujuan penelitian ini dijabarkan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kebiasaan membaca siswa kelas XI SMAN 4 Padang. Kedua, mendeskripsikan kemampuan mengonstruksi karya ilmiah siswa XI SMAN 4 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan kebiasaan membaca dengan mengonstruksi karya ilmiah siswa kelas XI SMAN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasioanal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 30 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 berjumlah 30 orang. Variabel penelitian ini adalah kebiasaan membaca siswa kelas XI SMAN 4 Padang dan kemampuan mengonstruksi karya ilmiah siswa kelas XI SMAN 4 Padang. Instrument pada penelitian ini adalah angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kebiasaan membaca sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan mengonstruksi karya ilmiah. Berdasarkan hasil analisis data, dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kebiasaan membaca siswa kelas XI SMAN 4 Padang diperoleh rata-rata hitung (M) sebesar 62,27. Berada pada rentangan 56-65% pada skala 10, dengan kualifikasi sedang. Kedua, kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMAN 4 Padang diperoleh rata-rata hitung (M) sebesar 53,06. Berada pada rentangan 46-55% pada skala 10 dengan kualifikasi hampir sedang. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca siswa dengan kemampuan mengonstruksi karya ilmiah siswa kelas XI SMAN 4 Padang pada taraf signifikan 95% dengan derejat kebebasan n-2 (30-2). Dengan demikian H1 diterima dan Ho ditolak karena hasil pengujian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 6,37 > 1,70.