Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Siswa Kelas X1 SMA N 16 Padang
Main Author: | Tesa, Kurnia Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8583/1/2.%20ABSTRAK%20TESA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8583/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8583/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8583/4/skripsi%20full.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8583/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah sebagai berikut ini. Pertama, masih rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisis teks eksplanasi. Kedua, siswa masih kesulitan dalam menganalisis pada teks ekspalanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kepala bernomor struktur terhadap kemampuan menganalisis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menganalisis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan model kepala bernomor stuktur. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi tanpa menggunakan model kepala bernomor struktur siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang memperoleh nilai rata-rata 71,76 dengan klasifikasi 66-75% yaitu Cukup (C). Kedua, kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi dengan menggunakan model kepala bernomor struktur siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang memperoleh nilai rata-rata 79,54 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik (B). Ketiga, dari hasil uji t yang telah dilakukan terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = n1+n2-2 karena thitung > ttabel (3,98 > 1,67). Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kepala bernomor struktur terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi dengan menggunakan model kepala bernomor struktur siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang.