Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, tidak semua siswa terampil dalam menulis teks laporan hasil observasi. Kedua, tidak semua siswa memahami struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. Ketiga, siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Keempat, keterbatasan buku materi yang didapat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen bentuk rancangan Posttes-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 12 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 12 Padang. Instrumen penelitian ini diperleh melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web memperoleh nilai rata-rata 68,98 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). (b) Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web memperoleh nilai rata-rata 82,41 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). (c) Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web siswa kelas X SMAN 12 Padang karena thitung>ttabel (4,63>1,67). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web kelas X SMAN 12 Padang berpengaruh dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web.