Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman
Main Author: | Alina, Ningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8579/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8579/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8579/3/DAFTAR%20PUSTAK1-dikonversi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8579/4/alina%20ningsih%2015080054%20%28skripsi%29.pdf%20ok.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8579/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yaitu keterampilan menulis teks eksplanasi siswa masih rendah karena siswa kurang memahami struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning dan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, serta mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Sampel penelitian ini kelas XI IPA3 (kelas kontrol) dan kelas XI IPA1 (kelas eksperimen). Data penelitian ini adalah skor menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal sebagai berikut: pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning memperoleh nilai rata-rata 58,97 dengan kualifikasi 56-65% yaitu cukup. Kedua, tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning memperoleh nilai rata-rata 77,43 dengan kualifikasi 76-85% yaitu baik. Ketiga, hasil uji-t terdapat pengaruh terhadap penggunaaan model pembelajaran discovery learning siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman karena thitung > ttabel (6,03>1,68). Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa XI SMA Negeri 2 Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning.