Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Fadilla, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8576/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8576/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8576/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8576/4/SKRIPSI%20FULL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8576/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yaitu sebagian siswa tidak memahami materi tentang menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), serta mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Sampel penelitian ini kelas XI IPS 5 (kelas uji coba), kelas XI IPA 5 (kelas kontrol) dan kelas XI IPA2 (kelas eksperimen). Data penelitian ini adalah skor hasil test kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal sebagai berikut: pertama, tingkat kemampuan menganalisis teks prosedur tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang memperoleh nilai rata-rata 75,66 dengan klasifikasi 76-85% yaitu Baik (B). Kedua, tingkat tingkat kemampuan menganalisis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang memperoleh nilai rata-rata 88,11 dengan klasifikasi 86-95% yaitu baik sekali (BS). Ketiga, hasil uji-t terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan menganalisis struktur teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang karena thitung > ttabel (6,38 > 1,67)