Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw terhadap Kemampuan Menganalisis Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Padang

Main Author: Esha, Ramanika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8575/2/abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8575/1/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8575/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8575/3/skripsi%20full.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8575/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh. Pertama, masih rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Kedua, siswa masih kesulitan dalam menganalisis pada teks laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi tanpa dan dengan menggunakan model Jigsaw siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi tanpa dan dengan menggunakan model Jigsaw. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan model Jigsaw siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang memperoleh nilai rata-rata 72,22 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Jigsaw siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang memperoleh nilai rata-rata 82,62 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, dari hasil analisis data yang telah dilakukan hal ini terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = n1 + n2 -2 karena t hitung > t tabel (4,09 > 1,67). Dengan kata lain, terdapat pengaruh penggunaan model Jigsaw terhadap kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Jigsaw siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang.