Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kerinci
Main Author: | Resti, Ramada Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8574/1/ABSTRAK%201.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8574/2/BAB%20V%201.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8574/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8574/4/resti%20ramada%20yanti%2015080043%28skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8574/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, siswa kurang memahami pembelajaran teks anekdot. Kedua, siswa menuliskan contoh teks anekdot hanya mengandung unsur humor tanpa ada kritiknya. Ketiga, kurang terampilnya siswa menulis teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Keempat, guru hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi. Kelima, guru belum pernah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 7 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Kerinci. Teknik pengambilan sampel, yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks anekdot sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 7 Kerinci. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA negeri 7 Kerinci sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 63,81 berada pada tingkat penguasaan 56-65% dengan kualifikasi cukup. Kedua, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA negeri 7 Kerinci sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 71,42 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 7 Kerinci karena thitung>ttabel (3,19>1,70). Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 7 Kerinci berpengaruh dari sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual.