Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menulis teks anekdot, siswa sudah terampil menulis teks anekdot tapi belum maksimal, belum meratanya penggunaan media pembelajaran dalam menulis teks anekdot, model yang digunakan individu belum berkelompok, siswa hanya memperoleh materi dari buku sumber yang ada di perpustakaan dan LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web pada pembelajaran menulis teks anekdot. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Bentuk rancangan penelitian ini Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 12 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 12 Padang. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) keterampilan menulis teks anekdot tanpa menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web memperoleh nilai rata-rata 73,46 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). (b) Keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web memperoleh nilai rata-rata 90,43 berada pada tingkat penguasaan 86-95% dengan kualifikasi Baik Sekali (BS). (c) Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa thitung>ttabel (9,74>1,67) sehingga terdapat pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web siswa kelas X SMAN 12 Padang. Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web kelas X SMAN 12 Padang berpengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis web.