Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung
Main Author: | Wiwik, Yapidarlis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8567/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8567/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8567/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8567/4/SKRIPSI%20FULL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8567/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa masih belum terampil dalam menulis teks eksposisi. Siswa tidak bisa mengembangkan ide-idenya. Siswa kesulitan dalam memahamai dan menecari struktur yang ada pada teks eksposisi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Problem Based Instruction terhadap keterampilan menulis teks Eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Model eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung yang berjumlah 32 orang di kelas kontrol dan 35 orang di kelas Eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks Eksposisi tanpa menggunakan Model Problem Based Instruction dan skor keterampilan menulis teks Eksposisi dengan menggunakan Model Problem Based Instruction siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model Problem Based Instruction siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung memperoleh nilai rata-rata 69,79 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi Lebih dari Cukup (ldC). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model Problem Based Instruction siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung memperoleh nilai rata-rata 77,14, yaitu berada pada penguasaan 76-85% pada kualifikasi baik (B). Ketiga, berdasarkan uji- t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Instructionsiswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung karena thitung > ttabel (2,96 > 1,70). Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung dengan menggunakan model Problem Based Instruction terdapat pengaruh menggunakan model Problem Based Instruction.