Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi masih rendah. Kedua, siswa tidak bisa mengungkapkan ide idenya Ketiga, pengusaan kosa kata siswa masih kurang . Keempat, siswa belum memahamai struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Muara Bungo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 2 Muara Bungo yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan metode problem solving dan skor keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan metode problem solving siswa kelas XI SMAN 2 Muara Bungo. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Muara Bungo sebelum menggunakan metode problem solving memperoleh nilai rata-rata 66,86 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi yaitu Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Muara Bungo sesudah menggunakan metode problem solving memperoleh nilai rata-rata 80,76 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi yaitu baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Muara Bungo karena thitung>ttabel (5,82>1,70). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 2 Muara Bungo.