Keterampilan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Kerinci
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga alasan. Pertama, materi teks prosedur yang disampaikan guru sulit dipahami siswa. Kedua, penulisan teks prosedur siswa kesulitan menentukan struktur teks prosedur. Ketiga, saat menulis teks prosedur siswa tidak mengerti cara menyusun kalimat pada teks prosedur. Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas XI SMK Negeri 4 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif, populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMK Negeri 4 Kerinci. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi kurang dari 100 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang. Variabel dalam penelitian ini satu yaitu, keterampilan menulis siswa XI SMK Negeri 4 Kerinci. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas XI SMK Negeri 4 Kerinci. Hasil penelitian ini yang sudah dilakukan dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas XI SMK Negeri 4 Kerinci memperoleh nilai rata-rata 84,81 dengan kualifikasi baik. Untuk nilai rata-rata perindikator. Pertama, untuk indikator satu, keterampilan menulis teks prosedur siswa tergolong baik dengan rata-rata 82,11. Kedua, untuk indikator dua, keterampilan menulis teks prosedur siswa tergolong sempurna dengan rata-rata 90,25. Ketiga, untuk indikator tiga, keterampilan menulis teks prosedur siswa tergolong baik dengan rata-rata 78,86. Keempat, untuk indikator keempat, keterampilan menulis siswa tergolong sempurna dengan rata-rata 100. Kelima, untuk indikator kelima, keterampilan menulis siswa tergolong baik sekali dengan rata-rata 94,30. Keenam, untuk indikator keenam, keterampilan menulis siswa tergolong hampir sedang dengan rata-rata 46,37.