Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi sebagai berikut. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat. Kedua, siswa banyak yang belum terampil dalam menulis teks cerita pendek. Ketiga, metode yang digunakan hanya diskusi dan ceramah. Keempat, siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks cerita pendek. Kelima, siswa tidak memahami unsur-unsur teks cerita pendek. Keenam, siswa hanya memperoleh materi dari buku sumber yang ada di perpustakaan dan LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode karya wisata terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMKN 4 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest Postes. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi kurang dari 100 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu, variabel bebas dan variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks cerita pendek sebelum dan sesudah menggunakan metode karya wisata siswa kelas XI SMKN 4 Kerinci. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, hasil keterampilan menulis teks cerita pendek sebelum menggunakan metode karya wisata siswa kelas XI SMKN 4 Kerinci memperoleh nilai rata-rata 64,20 dengan kualifikasi sedang (Sdg). Kedua, keterampilan menulis teks cerita pendek sesudah menggunakan metode karya wisata siswa kelas XI SMKN 4 Kerinci memperoleh nilai rata-rata 76,14 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, pengaruh signifikan metode karya wisata terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMKN 4 Kerinci karena t hitung > t tabel (8,32 > 1,68). Artinya, metode karya wisata efektif digunakan terhadap pembelajaran keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI.