Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Rendahnya minat siswa terhadap kemampuan menulis teks berita karena menulis teks berita dianggap suatu pembelajaran yang membosankan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe take and give terhadap kemamuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 12 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre experimental design dengan rancangan one Group Pretes Posstet Design. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 45 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give kemampuan menulis teks berita sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give siswa kelas VIII SMP N 12 Solok Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give memperoleh nilai rata rata 66,29 berada pada rentangan 66 75% dengan kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, Sesudah model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give nilai rata rata 70,55 berada pada rentangan 66 75% dengan kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, berdasarkan uji t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh thitung (6,20) > ttabel (1,68). Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give siswa kelas VIII SMP N 12 Solok Selatan lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give.