Pengaruh Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar, Kesiapan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

Main Author: Inoe, Yani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/856/1/13090176%20INOE%20YANI%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/856/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/856/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/856/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/856/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar. 2) pengaruh disiplin belajar terhadap minat belajar. 3) pengaruh kesiapan belajar terhadap minat belajar. 4) pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar. 5) lingkungan sekolah, disiplin belajar, kesiapan belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap minat belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X s/d XI. Sampel berjumlah 84 siswa dengan teknik pengambilan sampel berupa proporsional random sampling dengan teknik analisis data deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,505. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,514 > ttabel sebesar 1,66. (2) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,170. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,771 > ttabel sebesar 1,66. (3) kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,306. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,049 > ttabel sebesar 1,66. (4) perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,392. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,509 > ttabel sebesar 1,66. (5) lingkungan sekolah, disiplin belajar, kesiapan belajar dan perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Dimana diperoleh nilai Fhitung 63,489 > Ftabel 2,49. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) diharapkan kepada siswa agar mempunyai kesadaran diri dan juga memiliki kesiapan dalam belajar dan hal ini akan menimbulkan minat dalam belajar (2) diharapkan kepada sekolah hendaknya lebih memperhatikan lingkungan sekitar sekolah dan menyediakan fasilitas media pembelajaran secara lengkap agar minat belajar siswa meningkat. (3) diharapkan para orang tua hendaknya memperhatikan kebutuhan anaknya, seperti: peralatan untuk sekolah, perlengkapan belajar, kesehatan, kasih sayang dan memberikan dorongan kepada anak agar anak semangat dan termotivasi dalam belajar. Bila orang tua tidak memperhatikan kebutuhan anaknya, maka anak tersebut malas belajar karena tidak ada dorongan dan perhatian orang tua.