Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menulis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 01 Mukomuko tanpa menggunakan model Think Talk Write (TTW). Kedua, untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 01 Mukomuko dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW). Ketiga, untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 01 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah Posstest-Only Control Design. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS4 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA4 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 01 Mukomuko. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model Think Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMA Negeri 01 Mukomuko memperoleh nilai rata-rata 72,14 dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMA Negeri 01 Mukomuko memperoleh nilai rata-rata 83,43 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 01 Mukomuko karena t hitung > t tabel (6,76 > 1,67).