Pengaruh Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Panti

Main Author: Elissa, Elissa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/855/1/13090130%20ELISSAoke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/855/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/855/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/855/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/855/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa, 2) pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa,3) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa,4) pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa 5) pengaruh kecerdasan emosional, konsep diri, pola asuh orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling, dimana yang menjadi Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Panti sebanyak 118, siswa dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 90 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program EVIEWS versi 6.0 dan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,248 dan nilai thitung sebesar 2,522 > ttabel sebesar 1,66298. (2) konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,267 dan nilai thitung sebesar 2,011 > ttabel sebesar 1,66298. (3) pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,298 dan nilai thitung sebesar 2,209 > ttabel sebesar 1,66298.(4) disiplin belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,270 dan nilai thitung sebesar 2,224 > ttabel sebesar 1,66298. (5) kecerdasan emosional, konsep diri, pola asuh orang tua, dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini tunjukkan nilai hitung 12,310 > Ftabel 2,47 dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Panti maka disarankan kepada siswa agar meningkatkan kemandirian belajar siswa agar dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dalam belajar yang lebih baik, siswa juga diharapkan bisa mengatur emosionalnya dengan tepat dan benar dan siswa dapat mematuhi disiplin-disiplin yang ada supaya tercipta pembelajaran yang kondusif