Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi tentang menceritakan kembali teks cerita fantasi. Siswa kurang paham bagaimana langkah-langkah menceritakan kembali teks cerita fantasi. Siswa sulit untuk mengingat cerita yang mereka dengar serta untuk kurang percaya diri untuk tampil di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali teks cerita fantasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik pembelajaran story telling with pictures dan efektifitas penggunaan teknik story telling with pictures terhadap kemampuan menceritakan kembali teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Disgn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir yang berjumlah 115 siswa, tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 yang berjumlah 25 orang siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menceritakan kembali teks cerita fantasi sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan teknik story telling with pictures. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dijelaskan bahwa. Pertama, skor kemampuan menceritakan kembali teks cerita fantasi siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir sebelum menggunkan teknik story telling with pictures memperoleh nilai rata-rata 66,39 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, kemampuan menceritakan kembali teks cerita fantasi sesudah menggunakan teknik story telling with pictures memperoleh nilai rata-rata 77,99 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik (B) Ketiga, berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan teknik story telling with pictures dengan thitung> ttabel (5,38> 1,71) terhadap kemampuan menceritakan kembali teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir tahun ajaran 2017/2018.