Pengaruh Store Atmosphere, Brand Image, Life Style Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Roti Dan Kue Hoya Di Jalan Hos Cokroaminoto No. 48 Padang
Main Author: | SHINTYA, STEPHANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/854/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh store atmosphere secara parsial terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh brand image secara parsial terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh life style secara parsial terhadap keputusan pembelian, 4)pengaruh reference group secara parsial terhadap keputusan pembelian, 5) pengaruh store atmosphere, brand image, life style dan reference group terhadap keputusan pembelian pada Toko Roti dan Kue Hoya di Jalan Hos Cokroaminoto No. 48 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini konsumen yang membeli produk bakery pada Toko Roti dan Kue Hoya di Jalan Hos Cokroaminoto No. 48 Padang sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, brand image, life style dan reference group terhadap keputusan pembelian dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara store atmosphere terhadap keputusan pembelian roti dan kue Hoya dengan nilai koefisien 0,206, hal ini berarti apabila nilai store atmosphere meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,206 dalam setiap satuannya, dengan asumsi variabel lain tidak mengalami perubahan atau konstan, dengan nilai thitung 4,966>ttabel 1,985. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap keputusan pembeliane Hoya roti dan kue dengan nilai koefisien 0,510, hal ini berarti apabila nilai brand image meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,510 dalam setiap satuannya, dengan asumsi variabel lain tidak mengalami perubahan atau konstan, dengan nilai thitung 7,144>ttabel 1,985. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara life style terhadap keputusan pembelian roti dan kue Hoya dengan nilai koefisien 0,265, hal ini berarti apabila nilai life style meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,265 dalam setiap satuannya, dengan asumsi variabel lain tidak mengalami perubahan atau konstan, dengan nilai thitung 4,836>ttabel 1,985. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara reference group terhadap keputusan pembelian roti dan kue Hoya dengan nilai koefisien 0,192, hal ini berarti apabila nilai reference group meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,192 dalam setiap satuannya, dengan asumsi variabel lain tidak mengalami perubahan atau konstan, dengan nilai thitung 3,171>ttabel 1,985. (5) secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara store atmosphere, brand image, life style dan reference group terhadap keputusan pembelian roti dan kue Hoya dengan F hitung 57,005 > Ftabel 2,70. Besarnya store atmosphere, brand image, life style dan reference group terhadap keputusan pembelian yaitu 70,6% dan sisanya 29,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada pihak toko roti dan kue Hoya untuk selalu meningkatkan kualitas produk tersebut, sehingga jika konsumen melakukan perbandingan maka kualitas roti dan kue Hoya tetap menjadi yang terbaik sehingga kosumen akan tetap mengambil keputusan untuk pembelian toko roti dan kue Hoya.