Daftar Isi:
  • Orang tua memiliki peran dan fungsi untuk memberikan pendidikan dan sosialisasi primer kepada anak sejak usia dini dengan waktu yang maksimal, namun kenyataannya di Kecamatan Koto Tangah Tabing bahwa terdapat orang tua yang memasukkan anak ke lembaga PAUD pada usia dini yang seharusnya orang tua yang memberikan pendidikan pada usia dini akan tetapi orang tua lebih memilih memasukkan anak ke PAUD sehinga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor internal dan ekternal orang tua memasukkan anak ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Koto Tangah Tabing. Teori yang digunakan adalah teori Struktural fungsional yaitu teori Robert K Merton. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan cara purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua di PAUD Jabal Rahmah dan PAUD Bhakti Bunda. Metode pengumpulan dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan data iteraktif dari Miles Huberman. Hasil penelitian ini adalah terdapat dua faktor yang menyebabkan orang tua memasukkan anak ke dalam PAUD yaitu: Faktor Internal yang mempengaruhi orang tua memasukkan anak ke dalam PAUD di Kota Padang (studi kasus di PAUD Kecamatan Koto Tangah Tabing yaitu: a. pentingnya pendidikan bagi orang tua, b. agar anak dapat mengenal huruf sejak pada dini, c. anak mengalami speech delay, sedangkan untuk eksternal adalah, a. orang tua yang sibuk bekerja, b. sarana dan prasarana yang mendukung di PAUD, c. Lingkungan tempat tinggal orang tua. Kata Kunci: Orang Tua, Anak, PAUD