Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Indah, Purnama Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8525/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8525/2/BAB%20VI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8525/3/DAFTAR%20PUSTAKA%202.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8525/4/skripsi%20full.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8525/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sosiologi siswa kelas XI SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini terlihat pada saat guru menyampaikan materi yang diajarkan, banyak siswa yang hanya diam dan tidak mau menjawab pertanyaan yang diberikan guru, ketika diberi latihan individu siswa sering melalaikan tugas yang diberikan guru. Dalam proses pembelajaran SMAN 1 sebagian besar guru hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa bosan dalam kelas sehingga tidak memperhatikan guru dalam menjelaskan materi yang sedang diajarkan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran bersiklus (cycle learning) disertai media gambar terhadap hasil belajar pada materi integrasi dan reintegrasi sosial dikelas XI SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif menurut Jean Piaget. Metode penelitian ini digunakan adalah eksperimen sungguhan dengan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan total sampel 64 siswa, dengan 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas eksperimen. Data penelitian ini di peroleh dari hasil postest yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 27 soal. Analisis data kedua kelompok menggunakan Uji hipotesis yaitu uji Mann Whtney Berdasarkan pengujian terhadap dua sampel penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) <0,05 (0,009<0,05) atau