Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Disertai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Painan
Main Author: | Fauziah, Ashari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8519/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8519/2/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8519/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8519/4/15070054-FAUZIAH%20ASHARI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8519/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar di SMA Negeri 1 Painan, kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Ketika pendidik menerapkan model pembelajaran Think Talk Write peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memahami pelajaran yang sesungguhnya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Penerapan Model Think Talk Write Disertai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar sosiologi Peserta Didik Kelas XI IIS SMAN 1 Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2018/2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitivisme menurut Jerome Bruner. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam bentuk teknik tes dan studi dokumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel 68 peserta didik, dengan 34 peserta didik kelas eksperimen dan 34 peserta didik kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil posttest yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Analisis data kedua kelompok menggunakan Uji tʹ. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar Sosiologi peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write disertai LKPD adalah 78.00 dan rata-rata hasil belajar Sosiologi peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran Think Talk Write disertai LKPD adalah 58.00 dengan nilai Sig (2-tailed) < 0.05 (0.000 < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write disertai LKPD terhadap hasil belajar Sosiologi peserta didik kelas XI IIS SMAN 1 Painan. Karena model Think Talk Write disertai LKPD dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berfikir peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write, Hasil Belajar, Pembelajaran Sosiologi.