Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pasar Tradisional Padang Luar Kabupaten Agam yang merupakan pasar transaksi holtikultura terbesar di Sumatera Barat. Di pasar Padang Luar terdapat banyak sekali pedagang, mayoritas pedagang holtikultura. Meskipun para pedagang menjual jenis dagangan yang sama, tetapi memiliki tipe-tipe pedagang berbeda yang dapat dikelompokkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Tipologi Pedagang Holtikultura di Pasar Tradisional Minangkabau (Studi di Pasar Padang Luar Kabupaten Agam). Teori yang digunakan yaitu teori diferensiasi sosial. Informan penelitian di ambil secara purposive, yaitu Pedagang holtikultura yang memiliki kios atau gudang (9 orang), Pedagang holtikultura yang tidak memiliki kios atau gudang (7 orang), Petani holtikultura (11 orang), Pengurus pasar (1 orang), Perusahaan ekspedisi (1 orang). Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan analisis data interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tipologi pedagang Holtikultura yang berdasarkan tingkatan yaitu (a) pedagang besar, (b) pedagang kecil, (c) pedagang perantara (pakang), (d) Pedagang perantara antar provinsi. Kata kunci : Pedagang Holtikultura, Tipologi, Transaksi Holtikultura