Pengaruh model pembelajaran kooperatif The Power Of Two di sertai LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI SMA N 1 Gunung Tuleh
Main Author: | Walida, Ihsani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8515/1/abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8515/2/penutup%20kesimpulan%20dan%20saran.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8515/3/daftar%20pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8515/4/skripsi%20pdf.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8515/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N1 Gunung Tuleh dalam pembelajaran sosiologi yang masih rendah, hal ini dapat di lihat dari hasil nilai ujian tengah semester ganjil siswa tahun ajaran 2018/2019. Rendahnya nilai siswa juga di sebabkan karena masih banyak dari siswa kurang bisa memahami materi, sehingga di butuhkan cara atau model yang bisa meningkat kan hasil belajar siswa. adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran The Power Of Two di sertai LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Gunung Tuleh. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori kontruktivisme. Jenis penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Gunung Tuleh yaitu kelas IPS 1 sampai 4 yang berjumlah 122 siswa pengambilan sampel menggunakan purposiv sampling, yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah IPS 2 berjumlah 30 siswa dan IPS 3 berjumlah 31 siswa. Setelah peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran The Power Of Two di sertai LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dapat di simpulkan model pembelajaran The Power Of Two di sertai LKPD dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Gunung Tuleh. Dengan hasil uji normalitas di kelas eksperimen berdistribusi normal yaitu 0,200<0,05 dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan hasil nilai 0,200<0,05 sedangkan uji homogenitas 0,548> 0,05berarti data yang di dapatkan homogen karna hasilnya di dapat kan normal dan homogen maka digunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan hasil 0,000>0,05 maka Ho tidak di terima dan 0,000<0,05 maka Ha di terima karena model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata kunci : Pengaruh, The Power Of Two, Hasil belajar