Pengaruh Kepimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Kompetensi Sosial Guru dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri di Kecamatan Kamang Baru

Main Author: Devanza, Zilvia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/851/1/13090102%20DEVANZA%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/851/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/851/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/851/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/851/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) Pengaruh kepimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, 3) Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru, 4) Pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru 5) Pengaruh kepimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, kompetensi sosial guru dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA N di Kecamatan Kamang Baru berjumlah 98 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Teknik analisis data: Regresi linear berganda dengan menggunakan softward SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) kepimpinan kepala sekolah berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,117. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,776 > ttabel 1,660,2) disiplin kerja berpegaruh dan signifikan terhadap kinerja guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,081. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung3,0075> ttabel 1,660, 3) kompetensi sosial guru berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,150. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung5,019> ttabel 1,660, 4) kompensasi berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,098. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung3,028 > ttabel 1,660, 5) kepimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, kompetensi sosial guru dan kompensasi secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung 13,373> Ftabel 2,46 dan nilai signifikan 0,000 >a=0,05. Artinya semakin baik kepimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, kompetensi social guru dan kompensasi maka kinerja guru akan semakin baik. Besarnya pengaruh kepimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, kompetensi social guru dan kompensasi terhadap kinerja guru yaitu 36,50% dan sisanya 63,50% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada kepada guru untuk lebih meningkatkan kepimpinan kepala sekolah. Lebih meningkatkan disiplin kerja. Meningkatkan kompetensi sosial guru. Serta lebih meningkatkan juga kompensasi.