Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS) disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Kartika 1-5 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Lisa, Dayanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/85/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/85/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/85/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/85/4/12010165%20%20LISA%20DAYANTI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/85/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terdapat di SMA Kartika 1-5 padang bahwa nilai siswa kelas XI IPA SMA Kartika 1-5 Padang yang berada dibawah KKM yaitu 78. Hal ini disebabkan karena dalam Proses pembelajaran guru masih terbiasa menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) disertai Media gambar pada kelas XI IPA SMA Kartika 1-5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotor dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) yang disertai dengan Media Gambar pada kelas XI IPA SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kartika 1-5 Padang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Random Sampling didapatkan bahwa kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen, dan XI IPA1 sebagai kelas kontrol. Penilaian ranah afektif yang berupa lembar observasi yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penilaian ranah kognitif dilakukan melalui tes tertulis di akhir penelitian dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Penilaian psikomotor dilihat dari laporan hasil diskusi siswa. Analisis data hasil tes kelas sampel digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata ranah afektif pada kelas eksperimen 78,01 dan pada kelas kontrol 68,42. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 77,1 dan kelas kontrol 64,45. Pada ranah psikomotor diperoleh rata-rata kelas eksperimen 75,32 dan kelas kontrol 67,35. Berdasarkan hasil uji-t pada ketiga ranah tersebut didapatkan thitung ˃ ttabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai media gambar di kelas XI IPA SMA Kartika 1-5 Padang.