Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kesadaran merek terhadap loyalitas konsumen pada merek Azwa Perfume di Kota Padang 2) pengaruh asosiasi merek terhadap loyalitas konsumen merek Azwa Perfume di Kota Padang 3) pengaruh persepsi kualitas merek terhadap loyalitas konsumen merek Azwa Perfume di Kota Padang 4) pengaruh loyalitas merek terhadap loyalitas konsumen merek Azwa Perfume di Kota Padang 5) pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek persepsi kualitas merek dan loyalitas merek terhadap loyalitas konsumen pada merek Azwa Perfume di Kota Padang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah Konsumen yang menggunakan produk dan memiliki kartu member Azwa Perfume. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesadaran merek terhadap loyalitas konsumen merek Azwa Perfume, berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (2,232 > 1,660), 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara asosiasi merek terhadap loyalitas konsumen pada merek Azwa Perfume, berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (2,733> 1,660), 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi kualitas merek terhadap loyalitas konsumen pada merek Azwa Perfume berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (5,086> 1,660), 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara loyalitas merek terhadap loyalitas konsumen pada merek Azwa Perfume berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel (4,885> 1,660), 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama–sama antarakesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan loyalitas merek terhadap loyalitas konsumen pada merek Azwa Perfume berdasarkan hasil analisis data Fhitung>Ftabel(16,103 > 2,46) Artinya semakin baik kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek dan loyalitas merek maka semakin besar juga loyalitas konsumen. Besarnya pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek dan loyalitas merek terhadap loyalitas konsumen yaitu 40,4% dan sisanya 59,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Pada perusahaan harus lebih meningkatkan kualitas produk dari segi apapun baik itu dari segi atribut dan lain sebagainya, selanjutkan untuk peneliti lainnya di harapkan menambah variabel lainnya yang bisa mempengaruhi loyalitas konsumen agar penelitian tersebut bisa menjadi lebih baik lagi.