Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dengan Menggunakan Metode Think Pair Share ( Studi Eksperimen pada Remaja Panti Asuhan Santo Leo Padang) 2019

Main Author: Heriberta, Yeni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8471/1/ABSTRAK%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8471/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8471/3/KEPUSTAKAAN%20ok.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8471/4/SKRIPSI%20heriberta%20yeni%2015060134%20OKE.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8471/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya remaja yang belum mampu berkomunikasi dengan baik, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal sehingga remaja tidak berani mengungkapkan pendapat, malu berbicara di depan umum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1)Gambaran keterampilan berkomunikasi sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode think pair share. 2) Gambaran keterampilan berkomunikasi setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode think pair share. 3) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam keterampilan berkomunikasi keterampilan berkomunikasi dengan menggunakan metode think pair share. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan populasi penelitian 18 orang remaja yang dipilih dan sampel adalah12 orang remaja dipilih menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis menggunakan persentase dan uji-T Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulkan sebagai berikut: 1) Gambaran keterampilan berkomunikasi sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode think pair share berada pada kategori kurang baik .2) Gambaran keterampilan berkomunikasi setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode think pair share berada pada kategori sangat baik. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berkomunikasi remaja sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode think pair share. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada agar remaja dapat meningkatkan komunikasi melalui pelayanan bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan kelompok agar berani mengungkapkan pendapat dan tidak malu berbicara di depan umum sehingga remaja lebih baik dalam berkomunikasi.