Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang tidak tinggal dengan orangtuanya, adanya peserta didik yang kurangnya motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Ketidakharmonisan keluarga, 2) Motivasi belajar, 3) Hubungan ketidakharmonisan keluarga dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasi. Populasi penelitian adalah 29 peserta didik dipilih dengan teknikpurposive sampling. Sampel penelitian menjadi 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan ketidakharmonisan keluarga dan motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pariaman dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Ketidakharmonisan Keluarga Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pariaman berada pada kategori Tinggi, 2) Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pariaman berada pada kategori Cukup Tinggi, 3) Hubungan Ketidakharmonisan Keluarga dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pariaman koefesien cukup kuat arah korelasi negatif. Penelitian ini di rekomendasikan kepada peserta didik agar meningkatkan motivasi belajar dan kepada wali kelas serta Guru Bimbingan dan Konseling (BK) memberikan perhatian kepada peserta didik tersebut. Kata kunci : Ketidakharmonisan Keluarga, Motivasi Belajar